Inilah Yang Akan Terjadi Kalau Komputer Menyamai Otak Manusia

Hallo, teknologi komputer sederhana semacam kalkulator yang memproses matematika murni bisa saja unggul lebih cepat dibanding insan ketika berhitung, bener kan ? Tapi teknologi tercanggih buatan insan semacam robot sophia pun tidak mempunyai kesadaran dan perasaan. Sophia ini belum bisa memperlihatkan reaksi impulsif dan luwes atas pengalaman indra yang dirasakan.

Nah mereka ini belum bisa bereaksi impulsif ibarat tersenyum atau berekspresi duka atau mendengus yang sangat gampang untuk dilakukan. Inovasi teknologi yang terus maju dan alasan ke bermanfaatan, banyak sekali pihak ketika ini berupaya menyebarkan teknologi komputer yang menyamai  kemampuan otak manusia.

Penasaran apa saja yang terjadi jikalau komputer menyamai atau menyatu dengan otak insan ?

Inilah Yang Akan Terjadi Jika Komputer Menyamai Otak Manusia

1. Membuat SuperKomputer

Untuk membuat sebuah operasi komputer yang sama dengan kinerja otak manusia, maka kalian harus memahami dan menyiapkan beberapa hal. Prof Alois Knoll, seorang ilmuwan robotik asal Universitas Tehknik Munchen menyampaikan untuk bisa membuat komputer secerdas insan maka yang dilakukan pertama kali yakni melaksanakan simulasi otak tikus yang secara struktur mempunyai kesamaan dengan otak manusia.

Nah untuk memproduksi otak insan yang mempunyai 100Milyar neuron, maka harus diproduksi lebih dari satu superkomputer raksasa baru. Sebagai citra nih buat kalian, komputer terbesar didunia ketika ini yakni SuperMUC di Munchen dengan kecepatan processor sebesar 150.000 GHz dan itu tidak muncul untuk simulasi otak manusia.

Maka dari itu kalian kan punya otak, digunakan baik-baik ya.

2. Nanorobot

Kalau poin nomor 1 diatas tadi terwujud maka integrasi otak insan dan komputer akan segera memperlihatkan beberapa hal yang menakjubkan. Direktur Teknis Google yang juga seorang Futuris Ray Kurzweil menyampaikan pikiran kita akan menjadi adonan antara pedoman biologis dan non biologis.

Secara sedikit demi sedikit maka insan akan bergabung dengan komputer demi peningkatan kualitas hidup, menurutnya hal itu bisa saja terjadi dalam 15 tahun kedepan. Dengan terciptanya nanorobot yang terbuat dari Until DNA, Kurzweil  menyampaikan pikiran insan akan bisa terhubung ke jejaring komputasi awan.

Hal-hal ibarat mengirim membalas email pun akan eksklusif menuju otak dan pikiran serta ingatan insan pun bisa dibackup. Makara kalau kalian lupa tinggal jalan masuk cloud otak kalian deh.

3. Projek Teknologi Cerdas

Beberapa projek kecerdasan buatan yang ketika ini telah dibentuk oleh beberapa pihak ibarat Human Brain Project. Human Brain ini direncanakan akan berlangsung selama 10 tahun dan telah dimulai semenjak 1 Oktober 2013 silam. Berbasis di Jenewa Swiss, Human Brain bertujuan untuk membangun infrastruktur penelitian ilmiah bagi peneliti di Eropa untuk memajukan pengetahuan dibidang neurosience, komputasi dan obat yang berafiliasi dengan otak.

Pengusaha dibidang teknologi Elon Musk yang juga ikut mendirikan sebuah perusahaan dibidang keuangan yaitu Paypal ini membuat project berjulukan Neuralink yang berfokus pada kesehatan yang berbasis kecerdasan buatan. Neuralink akan membuat teknologi yang akan menghubungkan otak insan dengan komputer.

Menurut Musk, teknologi yang dikembangkan nantinya akan membuat insan bisa mengunduh memori atau pikiran dari otak kekomputer ataupun sebaliknya. Perusahaan ini telah mempekerjakan 3 karyawan, walaupun cuma 3 tetapi mereka orang cerdas lho. Ketiganya akan membuat jaringan Brain Computer Interface atau BCI dengan nama BrainGate atau gerbang otak.

4. Aplikasi Brain Computer Interface

Hingga ketika ini penerapan brain computer interfaces atau BCI atau kecerdasan komputer yang terhubung dengan otak insan memang sudah digunakan oleh kalangan terbatas ya. Dibidang kesehatan contohnya teknologi nanorobot yang terbuat dari molekul biologis telah digunakan untuk mengobati kanker.

Nathan Copeland yang menderita lumpuk alasannya yakni kecelakan kemudian lintas 14 tahun kemudian juga memakai teknologi BCI, dengan teknologi ini Copeland mengendalikan pikiran untuk menggerakan lengan robot dan melaksanakan salam kepalan tangan kepada mantan presiden Amerika yaitu Obama dalam program White House Frontiers Conference di Universitas Pittsburgh pada oktober 2016 lalu.

Hal ini juga sudah dilakukan didunia penerbangan untuk mengendalikan pesawat dengan pikiran. Amerika Serikat juga sudah memakai teknologi ini untuk para pilot dan penembak jitu mereka bahkan diklaim sanggup mempercepat kinerja mereka hingga 50%.

Otak kita ini yakni anugrah luarbiasa yang pernah diciptakan. Orang-orang cerdas telah membuat banyak sekali teknologi kecerdasan menakjubkan namun hingga ketika ini belum membuat kecerdasan setara otak manusia.

Kalau hingga terjuwud, apakah kalian oke dengan adanya komputer yang menyamai insan ?

Semoga Bermanfaat dan Semoga Harimu Menyenangkan!